WCCNMedia

About

Wonosobo Creative City Network (WCCN) lahir dari inisiasi Kemenparekraf melalui Dinas Pariwisata Wonosobo untuk mengajukan aplikasi/ dosier ke UCCN (Unesco Creative City Network). Dalam perkembangannya, kelompok/ masyarakat kreatif yang terlibat dalam penyusunan aplikasi UCCN tersebut sepakat membentuk forum WCCN yang bertujuan memfasilitasi dan mensinergikan aktifitas kreatif serta potensi pengembangan ekonomi kreatif di kota Wonosobo serta berjejaring secara nasional, regional dan internasional.

WCCN dibentuk sejak akhir tahun 2017 dan beranggotakan berbagai unsur masyarakat, diantaranya: Akademisi, Praktisi/ Pengusaha, Komunitas serta masyarakat Wonosob. Semangat untuk selalu bersinergi dengan antar stakeholders kota adalah menjadikan penekanan dalam forum level kota ini. Secara resmi, pada tanggal 16 Februari 2017, WCCN telah disosialisasikan secara luas kepada masyarakat melalui acara seminar nasional yang berjudul “Menuju Kota Kreatif Berbasis Eco-Cultural”. Acara ini selain melibatkan stakeholders kota Wonosobo, juga melibatkan tiga Kementrian sekaligus, yaitu :

(1) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;

(2) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;

(3) Kementrian Pemuda dan Olah Raga.

Berkaca dari negara – negara maju, perkembangan industri dan perekonomian satu negara melalui tahapan – tahapan sebagai berikut:
Industri dan perekonomian yang bertumpu pada pertanian seiring dengan kebutuhan peralatan dan menu untuk meningkatkan produktifitas maka akan tumbuh dan berkembang industri dan perekonomian yang bertumpu pada manufaktur diikuti dengan era jasa dan perdagangan dan berlanjut pada pengembangan ekonomi kreatif. Dalam aplikasi jejaring kota kreatif UNESCO tersebut, WCCN berperan sebagai narator dan fasilitator serta kolaborator, dalam implementasinya perlu keterlibatan seluruh elemen kota dan warga kotanya di bawah kepemimpinan dan koordinasi langsung Walikotanya. Ini yang terjadi di hampir semua kota – kota kreatif dunia yang berhasil masuk dalam jejaring kota kreatif UNESCO.