WCCNMedia

Strategi & Roadmap

Strategi dan rencana aksi. Seiring dengan blue print ekonomi kreatif Kota Wonosobo, maka WCCN mengusulkan strategi dan rencana aksi yang akan dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Pemetaan, diantaranya pemetaan potensi industri (kluster IKM dan UKM), potensi pengembangan dan pemanfaatan teknologi (Mis : Wonosobo Expo, Pasar Seni, dll) serta potensi pemberdayaan sumber daya manusia melalui pelatihan – pelatihan dan training center juga potensi – potensi pembiayaan.
  2. Kelembagaan, mengusulkan terbentuknya Badan Ekonomi Kreatif Wonosobo, yang kedepan memudahkan koordinasi dan sinkronisasi program – program dengan Badan Ekonomi Kreatif Nasional.
  3. Berjejaring (network), yang menginisiasi pertemuan dalam rangka terbentuknya WONOSOBO KREATIF, jejaring dan kerja sama Subosukawonosraten yang bersinergi (pengembangan kerjasama) dan memanfaatkan potensi jejaring aktifitas dan ekonomi kreatif. Menginisiasi poros Wonosobo– Bandung, sekaligus menginisiasi jejaring kota kreatif Indonesia (ke depan) yang difasilitasi British Council serta Bappeda kota Wonosobo dan kota Bandung. Dikancah internasional, bersama Bandung dan kota – kota kreatif Indonesia, menjajagi terbentuknya jejaring kota kreatif Asia Tenggara dan kembali mengajukan aplikasi untuk menjadi bagian dari jejaring kota kreatif UNESCO (UCCN).
  4. Menginisiasi dan menstimulasi event – event yang berpotensi menjadi event nasional dan internasional, dimulai dengan Dieng Culture Festival dan Wadaslintang Run.
  5. Zona Kreatif, mengusulkan adanya zona –zona kreatif diantaranya: Pasar rakyat, Ruang terbuka hijau, Sekolah, Ruang piblik, Heritage, Bantaran sungai.

 

Leave a Reply