WCCNMedia

Mentri Pariwisata Usung Unsur “PENTAHELIX” Dalam Kembangkan Pariwisata

Keberhasilan majunya pariwisata Indonesia tidak lepas dari berbagai kepentingan yang berada di sekitar destinasi wisata tersebut, seperti pemerintah daerah, masyarakat setempat dan para stakeholder. Mengenai hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan kunci keberhasilan dalam mengembangkan kepariwisataan nasional pada sinerjisitas unsur Pentahelix.

Unsur Pentahelix itu adalah Pemerintah; Akademisi; Asosiasi; Komunitas dan Media, yang saling terkait satu sama lain. “Dimana peran media sangat strategis dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat, sebagai mitra pemerintah dalam rangka penyebarluasan informasi kepada masyarakat,”jelas Arief Yahya, saat Dialog dan Silaturahmi acara buka puasa bersama wartawan pariwisata, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pers memberikan kontribusi dalam mendukung proses percepatan pembangunan di Indonesia, khususnya bidang pariwisata. Kemitraan ini hendaknya dapat terjalin dengan baik, sehingga rencana dan proses pembangunan bisa tersosialisasikan secara baik dan objektif kepada masyarakat, tanpa harus meninggalkan fungsi kontrol kalangan pers sesuai etika dan Undang Undang Pers.

Di kesempatan yang sama, dijelaskan tiga program prioritas Kementerian Pariwisata yakni digital tourism, homestay desa wisata dan aksesibilitas. Semua itu dilaksanakan tahun ini dalam upaya mencapai target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara tahun ini dan 20 juta wisman pada 2019 mendatang.

Untuk program homestay desa wisata akan dibangun seratus ribu homestay pada 2019 mendatang yang tersebar di seluruh Indonesia. Minimal berada di “10 Bali Baru”, atau “10 Destinasi Prioritas” yang sudah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo yaitu Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Jawa Timur, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara.

 

Sumber : http://sriwijayamagazine.com/pentahelix-diusung-kemenpar/

Leave a Reply